Home » » Masa Depan Bangsa di Pundak Guru

Masa Depan Bangsa di Pundak Guru

Written By Warga DEMAK on Senin, 07 April 2014 | 23.50

UT menyelenggarakan wisuda sarjana di Auditorium Prof Soedarto Undip kampus Tembalang kemarin. (SM/ Hari Santoso)
Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan upacara wisuda dan penyerahan ijazah sarjana di Auditorium Prof Soedarto SH, Kampus Undip Tembalang, Jumat (20/2). 

Acara berlangsung semarak karena selain dihadiri Rektor UT Prof Tian Belawati PhD yang berkedudukan di Jakarta, sejumlah tamu penting seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Rektor Undip Prof Sudharto PH PhD meluangkan waktu untuk datang.

Sudharto bahkan berkesempatan memompa semangat lulusan yang rata-rata berasal dari sarjana PGSD, PAUD, perpustakaan juga nonkependidikan. ''Lulusan yang diwisuda kali ini sebagian adalah sarjana yang diproyeksikan untuk menjadi guru. Masa depan bangsa kita ditentukan dari kualitas guru,'' tutur rektor. 

Dia yakin lulusan UT akan bisa menjawab tantangan itu. Yakni mendidik dan mencerdaskan generasi penerus bangsa. Kualitas guru sedemikian menentukan masa datang, karena kedepan bangsa ini tidak bisa lagi bergantung dengan sumber daya alam yang akan mulai habis.  Indonesia seutuhnya akan tergantung pada sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Tahapan ini membutuhkan peran para guru, termasuk lulusan dari UT. Tanpa ketinggalan mereka juga diharuskan mempunyai ketrampilan untuk membantu membangun kehidupan madani.

Sementara itu, Prof Tian Belawati mengemukakan, animo masyarakat kuliah di UT sangat tinggi.  Hal itu bisa dilihat dalam setiap kali melepas wisudawan yang siap terjun di dunia kerja. Periode ini, tercatat sebanyak 2.413 sarjana diluluskan.

Mereka berasal dari beragam latar belakang kesarjanaan mulai PGSD, PAUD, perpustakaan dan nonkependidikan. UT sekaligus menerima pengakuan internasional dalam bentuk sertifikat penjaminan mutu dari badan akreditasi internasional. Model pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTJJ) sedemikian dibutuhkan masyarakat terutama yang memiliki keterbatasan waktu kuliah lantaran pekerjaan. (H41-SMNetwork/rif)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SWARA Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger